Sundari Nganjuk

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Lanjutan.... PENDEKATAN PEMEBLAJARAN DI RA  (Tantangan Ke 33)

Lanjutan.... PENDEKATAN PEMEBLAJARAN DI RA (Tantangan Ke 33)

Lanjutan STRATEGI PEMBELAJARAN DI RA

a. Mengumpulkan informasi (Collecting)

Tahap mengumpulkan informasi dapat dilakukan pendidik dengan cara mendorong anak-anak untuk aktif mengumpulkan informasi dan bereksplorasi. Mengumpulkan informasi dilakukan melalui beragam cara misalnya dengan melakukan aktivitas langsung, mencoba mendiskusikan membaca buku, dan wawancara

Aplikasi mengumpulkan data adalah suatu proses yang sangat diminati anak dalam proses ini anak melakukan trial and error dalam menjaga gagal mencoba mengulang-ulang kegiatan yang sama tapi dengan cara bermain yang berbeda

Bentuk dukungan pendidik untuk membangun kemampuan Alkitab ini adalah

a. Saatnya bermain Ia membutuhkan waktu untuk mengungkapkan gagasannya karenanya berikan waktu untuk menerapkan gagasan melalui bahan dan alat yang digunakan

b. Apabila anda tidak memiliki gagasan ketika bermain para pendidik dapat memberi contoh awal sehingga anak dapat melakukan sendiri

c. Apabila anak sudah selesai tidak dapat memperluas gagasan dengan cara memberi pertanyaan terbuka

d. contoh sudah banyak daun bunga besar yang ditempel membuat sendiri maka Dimanakah tempat menempel daun yang kecil-kecil?

b. Mengasosiasi/menalar (associating)

Penghasilan yang dilakukan dengan cara mengkondisikan agar anak dapat menghubungkan pengetahuan yang sudah dimilikinya dengan peraturan baru yang diperolehnya atau yang ada di sekitarnya untuk menghasilkan kesimpulan

Contoh anak belajar tentang bentuk segitiga melalui potongan kertas yang telah disiapkan. Untuk menemukan benda-benda yang ada di sekitarnya yang berbentuk segitiga pada tahapini pendidik tapi ini pendidik sudah mengasosiasi pengetahuan baru tentang segitiga dengan benda-benda di lingkungan sekitarnya

Proses asosiasi dapat dilihat saat anak mampu:

a. Menyebutkan perasaan: "..... berarti itu sama dengan ....."

b. Menyebutkan perbedaan : " kalau ini.........tapi ini......

c. Mengelompokkan: " Jadi mawar dan melati itu sama-sama bunga...."

d. Membandingkan: "Daun ku lebih besar dari daun kamu"

e. Mengkomunikasikan (Communicatting)

Tahap komunikasi dapat dilakukan dengan cara pendidik memberi kesempatan kepada anda untuk mengkomunikasikan proses sebelumnya pengetahuan yang baru hasil karya dan hasil kesimpulan lainnya.

Mengkomunikasikan adalah proses penguatan pengetahuan terhadap pengetahuan baru yang didapat anak. Kegiatan mengkomunikasikan yang sering dilontarkan anak misalnya " Bu, aku tahu, kalau....... "

Tetapi mengkomunikasikan tidak hanya disampaikan melalui ucapan tetapi dapat juga disampaikan melalui hasil karya.

Biasanya anak menyampaikannya dengan cara menunjukkan karyanya," Bu guru, lihat...!

Dikit saat anak mengkomunikasikan karya adalah perhatian yang tulus Contoh dukungan pendidik saat anak mengkomunikasikan karyanya " Bu guru lihat!..aku sudah membuat ini....

Tanggapan pendidik.. " Masya Allah, bagus! oya..., bisakah kamu ceritakan kepada ibu guru bagaimana kamu bisa membuat nya.”

Untuk penguatan kita, pendidik dapat menyatakan "Alhamdulillah kamu hebat kamu berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik Apakah kamu membuatnya lagi atau mencoba kegiatan lain yang lain?

2. Pendekatan pembelajaran kontekstual

Pendekatan pembelajaran kontekstual atau kontekstual learning merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata anak dan mendorong anak untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.

Hubungan ini kemudian dikembangkan dalam pembelajaran menggunakan tema-tema tertentu agar anak mampu memahami konsep materi dan hubungannya dengan lingkungan disekitar inilah yang mendasari penggunaan pendekatan tematik terpadu di RA

Pendekatan tematik terpadu dalam kurung tematik integratif merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai konsep dasar yang berkaitan maupun integrasi antar ke petensi sikap pengetahuan dan keterampilan dalam berbagai tema.

Tema berfungsi merajut makna berbagai konsep dasar sehingga Anda memahaminya secara utuh tema diambil dari pengalaman yang dekat dengan lingkungan anak.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post