Sundari Nganjuk

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

MERANCANG PEMBELAJARAN .... ??. Yuukkk kita cermatiii!!! (TantanganKe 28)

Pembelajaran merupakan bagian nyata dalam pelaksanaan pendidikan pada suatu lembaga pendidikan. Pembelajaran yang baik dilaksanakan secara sistematis dan berkesinambungan. Untuk itu kegiatan pembelajaran perlu dirancang mengikuti prinsip-prinsip pembelajaran baik terkait dengan keleluasaan, muatan atau materi, waktu belajar dan sumber belajar, organisasi yang kelas, pelajaran dan cara penilaian

Merancang pelajaran merupakan langkah awal yang sangat penting untuk memberikan arah yang tepat dalam pelaksanaan proses pembelajaran dan memberi panduan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan anak

Pendidik harus mampu mengelola kegiatan pembelajaran, mengembangkan pola interaksi dengan berbagai pihak yang terlibat pelajaran dan diharapkan mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan dan perkembangan anak

Peserta didik usia RA memiliki rentang usia 4 sampai 6 tahun, dimana pada usia tersebut anak memiliki karakteristik belajar diantaranya:

- Anak belajar secara bertahap

- Cara berpikir anak khas

- Anak belajar dengan berbagai cara

- Anak belajar bersosialisasi

Untuk itu perencanaan pembelajaran RA perlu disusun dengan memperhatikan berbagai aspek khususnya terkait dengan kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan anak usia RA atau PAUD.

Pelaksanaan pembelajaran merupakan rancangan bagi pendidik untuk melaksanakan kegiatan bermain yang memfasilitasi anak dalam proses belajar. Kegiatan tersebut meliputi aktivitas pendidik dalam membangun sikap pengetahuan untuk RA

Efektifnya rencana pelaksanaan pembelajaran dibuat sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan dan harus mengacu kepada karakteristik usia sosial budaya dan kebutuhan individual anak

Dalam pembelajaran di RA terdapat beberapa konten yang harus dikuasai anak antara lain

a. Pendidikan agama Islam dalam kurung pai

b. Matematika

c. Bahasa dan keaksaraan

d. Sains

e. Seni

f. Sosial

g. Dan teknologi

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun perencanaan pembelajaran RA

antara lain:

1. Memahami tujuan pembelajaran RA umum ya membantu Meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap pengetahuan yang diperlukan oleh anak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya serta membantu pertumbuhan dan perkembangan agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki tahapan pendidikan berikutnya . Secara khusus membimbing anak dalam mencapai kompetensi perkembangan anak

2. Memahami kompetensi inti capaian akhir program layanan pendidikan RA yang sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak atau STPPA

3. Memahami kompetensi dasar kemampuan dan capaian hasil pembelajaran yang mengacu kepada kompetensi inti

4. Memahami bahwa indikator pencapaian perkembangan wajib itu dirumuskan berdasarkan kompetensi dasar. Indikator pencapaian perkembangan merupakan rangkaian perkembangan dan belajar anak yang disusun dengan memperhatikan usia juga merupakan penanda perkembangan yang spesifik untuk memantau menilai perkembangan anak RA berfungsi untuk memantau perkembangan dan bukan digunakan secara langsung sebagai materi atau bahan ajar maupun kegiatan pembelajaran

5. Menetapkan materi pembelajaran berdasarkan pada kompetensi dasar

6. Mengembangkan bahan ajar dan memilih sumber belajar serta media pembelajaran termasuk sarana dan prasarana yang merupakan bagian penting untuk menunjang suatu kegiatan belajar dan pembelajaran

7. Pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan untuk memberikan motivasi serta membimbing anak dalam melaksanakan program pembelajaran secara kreatif kolaboratif dan mandiri

8. Memilih metode dan model pembelajaran yang tepat agar anak RA nyaman dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar

9. Mengatur alokasi waktu belajar agar sesuai dengan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan program-program pembelajaran

10. Menentukan evaluasi yang tepat sesuai pembelajaran yang ditetapkan sehingga memahami kemampuan yang telah dicapai oleh anak

Fungsi perencanaan pembelajaran di RA

Secara umum perencanaan pembelajaran berfungsi sebagai pedoman atau petunjuk bagi pendidik serta mengarahkan dan membimbing penetapan program pembelajaran dalam pencapaian tujuan. Perencanaan pembelajaran RA berfungsi untuk membantu pendidik dalam:

1. Mengorganisir pembelajaran yang terkait dengan pembelajaran agar tertata secara sistematis dan mencapai tujuan yang ditetapkan

2. Menetapkan tujuan serta kompetensi pembelajaran yang dikehendaki

3. Mengenal kebutuhan potensi serta faktor pendukung dan penghambat pertumbuhan dan perkembangan anak

4. Merancang program pembelajaran yang menstimulasi anak untuk berpikir kritis kreatif dan inovatif

5. Menetapkan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang telah ditetapkan

6. Tetapkan evaluasi yang sesuai dengan pencapaian tujuan pembelajaran

7. Mengkomunikasikan proses dan hasil pembelajaran kepada yang berkepentingan

Prinsip Perencanaan Pembelajaran

1. Relevansi Yaitu sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak secara individu

2. Adaptasi yaitu memperhatikan dan mengadaptasi perubahan psikologi Iptek dan seni itu pembelajaran juga perlu mengadaptasi pada landasan Alquran dan hadis yang diintegrasikan pada semua aspek perkembangan

3. Kontiunitas disusun secara berkelanjutan antara satu tahap perkembangan ke tahap perkembangan berikutnya

4. Fleksibilitas yaitu dikembangkan secara Luwes sesuai dengan keunikan dan kebutuhan anak serta kondisi lembaga

5. Kepraktisan dan akseptabilitas yaitu memberikan kemudahan bagi praktisi dan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan RA

6. Kelayakan yaitu menunjukkan keberpihakan pada anak usia dini berorientasi pada kebutuhan anak termasuk anak berkebutuhan khusus

7. Akuntabilitas Yaitu dapat dipertanggungjawabkan pada masyarakat luas

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Rencana agar sesuai pelaksanaan...tetap membuat planning yang baik

12 Feb
Balas

SE 7

12 Feb

SE 7

12 Feb



search

New Post