Sundari Nganjuk

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
METODE  PEMBELAJARAN DI RA  (Tantangan Ke 34)

METODE PEMBELAJARAN DI RA (Tantangan Ke 34)

METODE PEMBELAJARAN DI RA

1. Metode Bercakap-cakap (hiwar)

a. Hiwar khitabi (percakapan pengabdian)

Yaitu dialog antara Tuhan dan hamba-Nya seperti firman Allah " Wahai orang-orang yang beriman” dan hambanya menjawab dalam kalbumnya dengan mengatakan" Kusambut panggilan Engkau, Ya Robbi"

Metode mengisyaratkan dialog yang disampaikan oleh lawan bicara dengan pikiran dan perasaannya.

b. Hiwar washfi (percakapan deskriptif)

Yaitu penggambaran secara jelas situasi orang yang sedang berdialog. Dengan hiwar ini tercipta suatu situasi psikis yang dihayati bersama secara riil oleh mereka yang terlibat berdialog.

c. Hiwar qishashi (Percakapan berkisah

Per Percakapan yang merupakan unsur dan Uslup kisah dalam Alquran berarti ini lebih tepat diberikan sebagai contoh setelah penjelasan materi pokok.Untuk menguatkan pesan yang terkandung didalamnya biasanya diterapkan pada materi akidah dan akhlak

d. Hiwar jadali (percakapan dialektis)

Yaitu jenis hiwar yang merupakan diskusi atau perdebatan yang bertujuan untuk memantapkan hujjah kepada pihak lawan bicara. Dalam hiwar ini segi logika akan tampak berada namun demikian sentuhan terhadap perasaan akan tetap dominan

e. Hiwar Nabawi

Yaitu yang digunakan oleh Nabi Muhammad SAW dalam mendidik sahabat-sahabatnya Beliau menghendaki agar para sahabat mau mengajukan pertanyaan guna mendidik dan menyentuh perasaan atau memuaskan pikiran dan menegakkan hujjah serta memberi kepuasan kepada pihak lawan bicara.

f. Metode pembelajaran hiwar dapat diimplementasikan dengan cara pendidik mengkoordinasikan anak mau melakukan komunikasi secara interaktif antara anak maupun dengan pendidik

2. Metode kisah (peristiwa)

Islam menyadari sifat alamiah manusia untuk menyenangi cerita yang pengaruhnya besar terhadap perasaan.

3. Perumpamaan`(amtsal)

Perumpamaan berarti memberikan perumpamaan dalam suatu pembicaraan untuk menjelaskan sesuatu hal atau isi yang mengungkapkan kebaikan dan keburukan contoh Al Quran surat Al Baqarah 26

4. Metode latihan dan pengalaman

Suatu metode yang digunakan Rasulullah Saw dalam mendidik para sahabat yaitu metode latihan atau pembiasaan. Rasulullah Saw bersabda kepada mereka sesungguhnya aku berbuat yang demikian itu agar kalian mengikutiku dan mempelajari shalatku."

5. Metode Praktis untuk Menghafal

Rasulullah SAW mengajarkan doa-doa yang penting dan ayat-ayat Alquran kepada sahabat secara praktis Rasulullah Saw membacakannya dan mengulanginya di hadapan mereka disertai dengan mendengarkan ayat dan doa tersebu,t dengan maksud mendapatkan pembetulan.Metode praktis untuk menghafal dimaksud dengan menanamkan akhlak yang baik pada jiwa anak sehingga tumbuh menjadi pribadi yang istiqomah dan bahagia karena anak dapat merasa sukses dengan perilaku dan pekerjaan.

6. Metode Hikmah dan Nasihat (Ibrah dan maui'dzah)

Kondisi yang memungkinkan peserta didik sebagai pembelajar dari pengetahuan yang konkret menuju pengetahuan yang abstrak sedangkan metode nasehat (Mau’idah/al wa’du) yaitu pemberian nasihat dan peringatan akan kebaikan dan kebenaran dengan cara menyentuh kalbu dan menggugah untuk mengamalkan.

7. Metode Targhib dan Tarhib

Targhib adalah janji yang disertai dengan bujukan membuat senang terhadap sesuatu maslahat Tarhib adalah ancaman dengan siksaan sebagai akibat melakukan dosa atau kesalahan yang dilarang Allah atau akibat legah dalam menjalankan kewajiban yang diperintahkan Allah yang juga mendidik perasaan robbaniyah, yaitu perasaan khauf kepada Allah seperti dalam Alquran surat Ali Imron ayat 175

Dalam menentukan metode hendaknya disesuaikan dengan perkembangan anak contoh bercerita bermain ceramah tanya jawab menyanyi karya wisata proyek sederhana bermain peran demontrasi, diskusi dan sebagainya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

alhamdulillah

18 Feb
Balas

Informatif

18 Feb
Balas



search

New Post